Bagaimana Menyiapkan 48. Jangan lombok (sayur cabe) Anti Gagal

48. Jangan lombok (sayur cabe)

Lagi mencari ide resep 48. jangan lombok (sayur cabe) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal 48. jangan lombok (sayur cabe) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Bacaan Lainnya

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 48. jangan lombok (sayur cabe), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan 48. jangan lombok (sayur cabe) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Kali ini yzmalicious sharing salah satu menu masakan nusantara yang berasal dari Gunungkidul, Yogyakarta yaitu Jangan Lombok (Sayur Cabe Hijau). Dalam bahasa Jawa, ‘jangan’ berarti sayur, sedangkan ‘lombok ijo’ berarti cabai hijau. Jangan yang berasal dari bahasa Jawa berarti “Sayur” dalam bahasa Indonesia.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan 48. jangan lombok (sayur cabe) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat 48. Jangan lombok (sayur cabe) memakai 13 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.


Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan 48. Jangan lombok (sayur cabe):
  1. Gunakan 200 gr tempe potong korek api
  2. Gunakan 1 buah tahu putih ukuran sedang potong dadu
  3. Sediakan 8 cabe ijo keriting iris serong
  4. Gunakan 3 bawang merah iris
  5. Gunakan 2 bawang putih iris
  6. Siapkan 1 ruas lengkuas geprek
  7. Ambil 3 daun salam
  8. Ambil Garam
  9. Ambil Gula pasir
  10. Gunakan Kaldu jamur
  11. Sediakan sedikit Lada bubuk
  12. Gunakan secukupnya Air
  13. Sediakan 65 ml Santan kental
Baca juga:  Resep Roti sobek ubi ungu isi abon, Lezat

Sayur Ares merupakan makanan khas Lombok yang berbahan dasar inti batang pohon pisang. Ya, inti batang pohon pisang yang biasanya dibuang atau diolah sebagai Masakan kuliner khas Lombok ini terhitung sebagai masakan sehat karena terbuat dari sayur-sayuran yang dipotong-potong kecil. Sayur tempe tahu cabe/lombok hijau ini biasa disebut ‘jangan ndeso’ atau sayur desa. Sayur ini menjadi menu harian di desa-desa sekitar Jawa Tengah.


Langkah-langkah menyiapkan 48. Jangan lombok (sayur cabe):
  1. Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas dan daun salam sampai wangi dan layu
  2. Masukkan cabe iris tumis sebentar, tambahkan air secukupnya biarkan mendidih
  3. Masukkan tempe dan tahu, beri garam gula lada dan kaldu jamur, koreksi rasa
  4. Setelah pas, kecilkan api lalu masukan santan kental, aduk terus sampai mendidih supaya santan tidak pecah.

Gurih santan dan pedas dari cabe hijau membuat hidangan yang satu ini paling dicari saat berkunjung ke desa di Jawa Tengah. Masakan sayur dari daerah jawa dan pulau sumatera biasanya menyajikan sayuran dengan siraman bumbu kacang tetapi plecing kangkung khas Lombok ini menggunakan bumbu campuran teras, cabe rawit, jeruk limau, bawang putih, kemiri dan bahan pelengkap lainnya sebagai siraman masakan. Kamu sudah pernah berkunjung ke tempat makan kuliner Lombok yang menyajikan masakan khas nan otentik ini? Agar lebih mantap, jangan lupa mencocol bulayak ke bumbu yang agak berkuah tersebut. Sayur berbahan dasar pelepah pisang ini dulunya hanya bisa ditemui di acara-acara.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan 48. Jangan lombok (sayur cabe) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga:  Resep Tumis Sayur (an) Bebas, Bikin Ngiler

Sumber Resep : https://www.cookpad.com/id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *