Cara Gampang Membuat Asinan Nanas yang Sempurna

Asinan Nanas

Anda sedang mencari inspirasi resep asinan nanas yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal asinan nanas yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari asinan nanas, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan asinan nanas yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Lazimnya bulan Ramadhan, banyak pedagang buah yang melengkapi barang dagangannya dengan buah Nanas, yup, karena permintaan buah Nanas biasanya meningkat jelang lebaran. Hm, dengar namanya saja sudah bikin ngiler ya? Asinan sendiri adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (pengasinan dengan garam atau pengasaman.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah asinan nanas yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Asinan Nanas menggunakan 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.


Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Asinan Nanas:
  1. Sediakan 2 bh nanas ukuran sedang
  2. Gunakan 1500 ml air
  3. Sediakan 200 gr gula pasir (sesuai selera)
  4. Siapkan Segenggam asam jawa
  5. Gunakan Bumbu halus:
  6. Gunakan 8 bh cabe merah keriting
  7. Siapkan 6 bh cabe rawit merah
  8. Gunakan 1 bks terasi matang / bisa juga diganti ebi 2 atau 3 sdm
  9. Ambil 1 sdt garam
Baca juga:  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi goreng saos tiram yang Enak Banget

Baik asinan Bogor maupun asinan Betawi ini dibuat dengan teknik pengacaran, yaitu diasinkan menggunakan garam lalu diberi cuka. Cara Membuat Asinan Kekinian: Asinan Rambutan. Aneka Manisan dan Asinan Khas Daerah. Pembuatan manisan nanas ini bertujuan untuk bisa menjual nanas yang belum terlalu matang.


Cara membuat Asinan Nanas:
  1. Kupas nanas, cuci bersih dan potong-potong sesuai selera, sisihkan.
  2. Haluskan bumbu, didihkan air dipanci lalu masukkan bumbu halus
  3. Masukkan gula pasir dan asam jawa, masak sampai gula larut lalu koreksi rasa (asem, asin, pedas dan manisnya harus pas) matikan api biarkan hangat.
  4. Tuang kuah asinan yg sudah hangat ke dalam wadah berisi nanas, simpan dalam lemari es biar mantul.
  5. Sajikan… seger bener…cocok dimakan siang hari. (saya bikin malam besok siang baru dimakan )

Cara membuat asinan nanas beserta teknik pengolahan pangannya. Resep Asinan buah asam pedas manis. Satu-satunya cara untuk tahu apakah rasanya sudah cukup? Asinan adalah salah satu makanan ikonik dari kota Bogor sehingga sangat mudah untuk menemukannya. Anda juga bisa menikmati asinan Bogor enak di bawah ini.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan asinan nanas yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber Resep : https://www.cookpad.com/id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *