Resep Jangan Lombok/ Sayur Cabe, Bikin Ngiler

Jangan Lombok/ Sayur Cabe

Anda sedang mencari ide resep jangan lombok/ sayur cabe yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal jangan lombok/ sayur cabe yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Bacaan Lainnya

Dalam bahasa Jawa, ‘jangan’ berarti sayur, sedangkan ‘lombok ijo’ berarti cabai hijau. Tak jauh berbeda dari sayur lodeh, hidangan ini terbuat dari Penasaran bagaimana cara mengolahnya? Jangan yang berasal dari bahasa Jawa berarti “Sayur” dalam bahasa Indonesia.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari jangan lombok/ sayur cabe, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan jangan lombok/ sayur cabe yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah jangan lombok/ sayur cabe yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Jangan Lombok/ Sayur Cabe menggunakan 10 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.


Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Jangan Lombok/ Sayur Cabe:
  1. Gunakan 10 buah cabe hijau besar
  2. Sediakan 5 buah cabe rawit merah
  3. Siapkan 2 siung bawang putih iris tipis
  4. Sediakan 3 siung bawang merah iris tipis
  5. Siapkan 2 buah tahu (putih/kuning/tahu kulit) potong kotak kecil
  6. Siapkan 1 buah tempe potong kotak kecil
  7. Ambil 1 ruas lengkuas (geprek), 1 lembar daun salam
  8. Sediakan Secukupnya garam(kaldu jamur), gula (resep asli pakai gula jawa)
  9. Ambil 3 sdm santan instan, campur dengan 2 gelas belimbing air
  10. Sediakan Secukupnya minyak
Baca juga:  Resep Gulai Daun Singkong Ikan Teri Anti Gagal

Sayur tempe tahu cabe/lombok hijau ini biasa disebut ‘jangan ndeso’ atau sayur desa. Sayur ini menjadi menu harian di desa-desa sekitar Jawa Tengah. Gurih santan dan pedas dari cabe hijau membuat hidangan yang satu ini paling dicari saat berkunjung ke desa di Jawa Tengah. Masakan sayur dari daerah jawa dan pulau sumatera biasanya menyajikan sayuran dengan siraman bumbu kacang tetapi plecing kangkung khas Lombok ini menggunakan bumbu campuran teras, cabe rawit, jeruk limau, bawang putih, kemiri dan bahan pelengkap lainnya sebagai siraman masakan.


Cara membuat Jangan Lombok/ Sayur Cabe:
  1. Goreng tempe, tahu dan kentang, kemudian sisihkan
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, hingga layu, kemudian masukkan tahu, tempe, dan kentang yang sudah di goreng
  3. Selanjutnya masukkan irisan cabai, masak hingga cabai sedikit layu, bumbui dengan gula dan kaldu jamur/garam
  4. Kemudian masukkan santan yang sudah di campur air aduk”, tes rasa, dan masak hingga matang
  5. Sajikan dengan ayam goreng dan nasi hangat, disini saya pakai lontong karena males masak nasi

Resep JANGAN LOMBOK (Sayur Cabe Hijau). Wisata Pengrajin Gerabah Penujak Penujak merupakan penghasil utama gerabah Lombok dengan mutu terbaik. Secara turun-temurun pembuatan gerabah semula adalah pekerjaan wanita dan kaum pria bertugas untuk pemasarannya. Tumis bawang putih dan bawang merah. Masukkan salam, cabe ijo dan lengkuas. b.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Jangan Lombok/ Sayur Cabe yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga:  Cara Gampang Menyiapkan Pao Anti Gagal

Sumber Resep : https://www.cookpad.com/id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *